Kamis, 27 Desember 2012

RUPIAH

         Rupiah, adalah hal yang paling vital dalam kehidupan manusia khususnya yang tinggal di Negara Indonesia. Tanpa rupiah manusia tak mampu memenuhi hasratnya untuk membeli berbagai macam barang yang dibutuhkannya. Rupiah mampu membuat orang bahagia, pusing, bahkan gila. Demi rupiah manusia rela melakukan apa saja.
          Seperti Hoki, bocah yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertaman (SMP) ini, harus merasakan betapa sulitnya menjalani hidup untuk mencari nafkah dan membantu perekonomian keluarganya. Padahal di usianya yang masih menginjak 12 tahun, seharusnya Hoki masih menikmati indahnya bermain dan belajar bersama teman-temannya.
            Malam itu sekitar pukul 20.00 WIB, langkah kaki saya terhenti ketika saya melihat Hoki sedang asyik mengerjakan tugasnya sambil menjajakan dagangannya di area parkir sepeda motor Mall Olympic Garden (MOG) belakang. Kerupuk, popcorn, dan gantungan kunci ia buat seorang diri. Ilmu itu ia dapati dari sekolah yang mengajarkan bagaimana cara membuat prakarya dan belajar berwira usaha. Dengan keadaan ekonomi yang lemah, mau tidak mau menjadi pedagang asongan ia lakukan. Tanpa memikirkan rasa malu jika ada teman yang melihatnya ketika berdagang.

            Hal itu ia lakukan bukan tanpa sebab, penghasilan kedua orang tuanya yang hanya menjadi pedagang jamu keliling tak begitu memberikan hasil yang maksimal. Apalagi Hoki merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara. Perbuatan mulia itu tak hanya dilakukan Hoki seorang diri, melainkan ada seorang kakak yang ikut serta membantu dengan cara bekerja di bengkel sepeda motor. Setiap hari Hoki dan kakaknya harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mencari uang. Ya, Hoki sekeluarga tinggal di daerah Turen, Malang.

            Setiap sore hingga malam hari Hoki menjajakan dagangannya meskipun dingin dan hujan kerap menerpanya. Meski hasil yang didapatkan tidak begitu melimpah, Hoki tetap bersemangat demi keluarganya. Sekitar 25 ribu per hari mampu ia kumpulkan dari hasil dagangannya. Itu semua ia lakukan sebagai wujud rasa cinta kasih dan kepeduliannya terhadap keluarganya. Keep Spirit Hoki.. Semoga kelak kesuksesan menghampirimu. Amin..ANEESSIA-09220421

                                                Dalam foto tersebut, Hoki terlihat malu-malu

                           Barang dagangan yang dijajakan oleh Hoki, kerupuk dan gantungan kunci


           







 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar