Jumat, 19 April 2013

Si Lapis India


Ketika anda memiliki tetangga yang baru saja pulang kampung atau sekedar berpelesir dari Kalimantan Selatan, bisa dipastikan ikan asin, sale pisang, aksesoris permata, gantungan kunci, kain batik Kalimantan dan yang pasti krupuk amplang menjadi pilihan buah tangan yang diberikan kepada anda. Namun tidak ada salahnya ketika anda memilih kue lapis India menjadi pilihan oleh-oleh khas kota air tersebut.
Ya, lapis India. Bentuk dan warna putih diselingi warna coklat yang berlapis-lapis sekilas memang mirip dengan kue lapis yang sering kali kita jumpai di sekitar kita, namun tekstur yang lebih lembut lumer di mulut serta rasa manis nan legit yang dipadu dengan rasa creamy menjadi pembedanya. Memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kue-kue yang lainnya, tetapi tidak ada salahnya ketika rasa yang disajikan benar-benar menggugah selera dan terbayar dengan rasa kepuasan anda.

Tiap potongan berukuran 5cm x 15cm ini dibandrol dengan harga berkisar Rp. 10.000’- hingga Rp. 20.000’-. Kue lapis India bisa anda temukan di pasar kue atau yang biasa disebut dengan pasar wadai. Biasanya pasar wadai ramai ditemui dan dikunjungi ketika bulan puasa tiba. Banyak sekali lapak-lapak yang menjual kue di sepanjang jalan. Dan yang pasti kue lapis India lah yang menjadi primadonanya.

Untuk anda yang ingin bepergian kesana meskipun tidak dalam keadaan bulan puasa, jangan khawatir, kue lapis India tetap bisa anda jumpai dan anda bawa pulang. Sekedar mengingatkan, kue lapis India tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya sehari setelah dibeli, lapis India harus sudah dalam keadaan habis tak tersisa. Karena kue lapis India ini menggunakan bahan alami dan santan yang sangat mudah sekali cepat basi. Jika memang anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, disarankan untuk membeli di hari yang sama ketika anda akan pulang kembali ke asal. Dan yang pasti, anda harus pulang dengan menggunakan transportasi udara ya. Selamat mencoba. Segera hubungi keluarga atau rekan anda yang kebetulan sedang berada di sana untuk membungkuskan kue lapis India khusus untuk anda. 

Lapis India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar